Home » » JAMINAN SOSIAL BAGI GURU SWASTA

JAMINAN SOSIAL BAGI GURU SWASTA


Let's thinkGuru swasta merupakan salah satu bagian tenaga kependidikan yang mengabdikan dirinya dillembaga pendidikan yang dikelola oleh fihak swasta. banyak dari mereka hanya mendapatkan honor yang kurang mencukupi kebutuhan hidupnya. besar kecilnya honor yang berikan bergantung pada jam mengajar yang di ampunya. beberapa lembaga pendidikan memang ada yang memberikan gaji pokok pada guru tetapnya. namun banyak yang hanya sekedar status.
jumlah lembaga pendidikan sekolah yang peduli pada kemajuan pendidikan lebih sedikit dari lembaga pendidikan yang orientasinya mencari keuntungan dan menjadi lahan basah bagi sang pemilik yayasan sekolah. ada beberapa yayasan perorangan dan organisasi yang memang memberikan tempat tinggal bagi gurunya agar tidak selalu terlambat berangkat kesekolah dan memberikan subsidi jaminan sosial tenaga kerja (JAMSOSTEK) yang sudah di bentuk pemerintah. yang memiliki program jaminan kesehatan, perumahan, hari tua, dll. namun malang nasib guru swasta yang bekerja di kota besar banyak yang bertempat tinggal di pinggir kota bahkan pelosok desa yang mungkin jarak tempuhnya berkisar 50 km dari sekolah. dan harus mengejar waktu agar tidak terlambat mengajar di sekolah.
oleh karena itu perlu adanya perhatian pemerintah yang secara penuh terhadap nasib gur u yang taraf kehidupannya berada di bawah garis sejahtera. walaupun kita tahu bahwasanya tingkat kesejahteraan adalah sesuatu yang relatif.
diperlukan sebuah intervensi pemerintah untuk memberikan support bagi guru swasta yang honornya dibawah UMR dan membuat program rumah murah bagi guru swasta agar guru swasta banyak yang tidak menyewa lagi. dan guru swasta bisa bekerja dan mengajar tanpa berfikir bagaiman mencari uang untuk uang sewa rumah, keluarga sakit, dll.
bagaimana guru bisa mengajar dengan konsentrasi baik, jika ia masih terganggu akan minimnya kesejahteraan yang di dapat dari kerjanya pagi dan siang.